Tema kegiatan Pesantren Ramadhan kali ini yaitu; “Kuatkan Iman dan Rajut Persaudaraan dalam Kebersamaan”

Alhamdulillah wa syukurillah. Bersyukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan kesempatan umur sehingga bisa bersama-sama berjuang menggapai takwa di bulan Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024 Masehi. Bulan Ramadhan  adalah kebahagiaan yang besar bagi kita karena pada bulan yang mulia ini bisa melakukan amalan-amalan wajib maupun sunnah dengan hanya mengharap ridha dari Allah semata.

Bagi generasi muda, syiar Ramadhan sangatlah diperlukan terutama untuk membangkitkan semangat mereka dalam melaksanakan ibadah puasa sekaligus memperjuangkan agama Islam di era akhir zaman ini. Sangat penting bagi para siswa serta anak-anak muda di masyarakat untuk mengetahui beragam keberkahan Ramadhan, amalan-amalan utama, serta hikmah yang bisa dipetik darinya.

Dengan semangat yang tinggi di bulan Ramadhan, generasi pelajar muslim akan terpacu untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Ya, karena berlomba dalam kebaikan adalah kompetisi yang disukai Allah sebagaimana firman-Nya dalam QS Al-Baqarah ayat 148:

وَلِكُلّٖ وِجۡهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَاۖ فَٱسۡتَبِقُواْ ٱلۡخَيۡرَٰتِۚ أَيۡنَ مَا تَكُونُواْ يَأۡتِ بِكُمُ ٱللَّهُ جَمِيعًاۚ إِنَّ ٱللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٖ قَدِيرٞ  [البقرة:148]

Artinya

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. [Al Baqarah:148]

Di bulan Ramadhan yang penuh dengan keistimewaan ini, amalan-amalan kebaikan yang kita laksanakan dengan tulus ikhlas, InsyaAllah akan mendapat ganjaran berupa pahala berlipat ganda dari Allah SWT.

Berdasarkan dari keutamaan Ramadhan di atas, maka kami bermaksud untuk mengadakan Pesantren Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024. Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi ladang motivasi pelajar untuk lebih semangat meraih keberkahan Ramadhan.